Thursday, July 5, 2012

BAHASA INGGRIS!

ini gara2nya mau pasang iklan buat nyari pegawai temporer di kantor akhirnya jadi curhat2an sama org yang megang account kantor gw di jobsdb. ini ke3 kalinya gw pasang iklan yang sama, udah mau nangis gw sama candidate taun ini. pengalaman ok, knowledge ok, tapiiiiiiiiiiii giliran disuruh ngomong bahasa inggris mendadak bisu! keringet segede2 jagung ngalir semua (wuhauahauahauahua lebai mode on as always!!) tapi seriuss.. ya masa dari 50 org yang terpilih untuk yang interview cuma 6 orang yang lolos?????? emang sih standard requirement di kantor gw emang tinggi banget, tapiii most of them itu jatoh di bahasa inggris! miris ga sih?? nah mg lalu itu juga mau masukin iklan lagi.. temporer juga.. tapi ini buat finance dept, requirement kita juga sama, BAHASA INGGRIS.

trus temen gw di jobsdb ini nanya, mba kalo cowo mau ga? trus gw bilang ya kita prefer cewe untuk posisi yang finance ini, tapi kalo dia emang bahsa inggris ok, boleh aja di coba apply. dia bilang kalo ini cowo ga bisa bahasa inggris. wheewww.. gini sihh.. ga perlu fluent banget, tapi lo bisa ngobrol dan org lain mengerti apa yang lo maksud. aduhh bahasa inggris gw juga ga bagus lahh.. gw aja sering banget nanya sama si candela ini ngomong bahasa inggris nya gimanaaa??? apa bahasa inggrisnya?? dia sih yaa.. bahasa inggrisnya superrr.. hahahahaa.. udah kaya kamus berjalan gw dia itu.. hahahaha.. bisa sih nanya google, tapi kadang bahasa google suka ga nyambung sama yang gw maksud.. hihi..

curhat punya curhat, sampai pada satu kalimat keluar dr temen gw ini, dia bilang gini: "iya mba, banyak banget yang fail di bahasa inggris.. aku sampe marah2in temen aku yang minta aku cariin kerja, lo cape2 kuliah 3 taun, 4 taun, tapi ujung2nya ga bisa kerja cuma karena lo ga bs bahasa inggris!! gimana sih??"

hmmm.. tapi bener sih yaa.. kuliah cape2 3 taun, 4 taun, malah ada yang ikut kelas axel, di umur 16 apa 17 udah bisa kuliah... tapi semua itu kaya gada artinya kalo lo ga bisa bahasa inggris. bukan berrarti kalo lo ga bsia bahasa inggris trus end of your life ga bsia kerja. tapi ya sekarang 2012 deh, anak baru lahir juga kayanya udah diajak interaksinya pake bahasa inggris. sekolah sekolah yang maju, bahasa pengantarnya udah bahasa inggris semua. bahasa inggris itu bahasa global. lo bisa kemana aja selama lo bisa bahasa inggris. itu kaya kunci untuk kehidupan yang lebih baik. ya ga selalu org yang bsia bahasa inggris jadi orang kaya atau jadi apa kek gitu.. tapi stidaknya mereka akan mempunyai kehidupan yang lbh baik dan lbh layak. orang yang bisa bahasa inggris tapi punya nilai plus yang bisa mendongkrak gajinya dia. biar cuma beda 50rb, tapi yang jelas dia lebih besar dr yang ga bisa bhs inggris. dan kalo pun lo ke trima kerja, org yang bisa bahasa inggris akan mempunyai pengalaman yang lbh banyak dr lo, bisa dpt pengetahuan yang lbh banyak karena kan dia lbh bisa berkomunikasi dengan org lbh banyak. istilah kasarnya, buat apa lo pinter kalo lo ga bisa mentransfer itu ke org untuk membuat itu menjadi semakin berguna?dan kalo lo perhatiin, semua iklan lowongan kerja, hampir semua rata2 yang perusahaannya besar dan bagus pasti menuntut harus bisa bahasa inggris aktif, bukan pasif. ya iyalahh.. masa ngomong satu arah doangg.. dikirain orang gilaa.. hahahaha..
untuk bisa bahasa inggris lo ga perlu harus keluar negri, kan udah ada tempat les, les lah yang bener, jangan cuma asal les, sayang kan duitnya, les bahasa itu ga murah lohhh.. emang sih kalo ke negara yang semua org ngomong bhs tsb udah bisa di pastikan lo akan lbh cpet lancar. atau kalo lo rajinnn... baca buku aja.. buku itu sumber dari segala pengetahuan dehhh..

dannnnn di taun 2012 ini bahasa inggris sudah kalah pamor, itu udah bukan sesuatu yang special, tapi semua orang kaya udah harus bisa gitu, 5 taun belakangan ini yang heboh adalah bahasa mandarin. dulu org yang bisa bahasa inggris dapet gaji lbh gede, skrg kalo lo bisa bahasa mandarin itu baru dapet gaji lebih gede karena bahasa inggris jatohnya udah jadi bahasa sehari2. wheeeww.. kemajuan jaman sangat pesat yaa...

xoxo!

No comments:

"by read every post you'll know me better than them.." -kurcacikecil
Daisypath Anniversary tickers