Sunday, March 18, 2012

ayam panggang madu + potato grantin

jadi ceritanya sabtu kmrn teman2 kompleksku pada kerumahh.. saya di daulat untuk masak.. jadi waktu itu juga pernah gw masak buat mereka dan kata mereka enak.. nah ini skrg suruh masak lagi.. bingung abis mau masak apa. akhirnya menu jatuh kepada ayam panggang madu dan potato grantin. buatnya sumpah super gampangggg!! nih coba aja..


ayam panggang madu: 


10 potong paha ayam utuh, boneless


bumbu buat marinate: --semua di aduk rata
5 siung bawang putih, haluskan
5 sdm kecap manis
5 sdm kecap asin
5 sdm kecap inggris
5 sdm saus tiram


bumbu olesan: --semua di aduk rata
5 sdm madu
4 sdm mentega (ga perlu di cairin)
5 sdm kecap manis


cara buat:
ayam di marinate minimal 1 jam, biar meresap.. ayamnya jangan lupa di tusuk2 pake garpu biar lebih nyerep. kalo kmrn sih bumbu marinate nya gw buat di mangkok dulu, aduk rata baru campurin ke ayamnya. kmrn itu sih gw marinate mayan lama.. 3 jam.. jadi rasanya ngeresseepppp banget! pdhl gw lupa tusuk2 pake garpu.. hehehe..


panasin oven sampe 180*, siapin pyrex, susun ayam trus olesin pake bumbu olesannya itu.. bumbu marinate nya ga usah di pake lagi, cuma ambil ayamnya aja.. karena nanti pas di bake, akan banyak kuahnya.. panggang selama 15 menit, trus keluarin, balik ayamnya.. olesin lagi.. masukin lagi selama 15 menit lagi.. udah dehh.. jadi dehh..  nahhh..... itu kan ada kuah nya tuhh.. itu sih terserah boleh di ambil boleh engga, kalo gw sih ambil, rasanya enak banget.. itu kuahnya gw jadiin saos.. hihi..


ayamnya itu gw beli belmart.. gw beli 12 paha utuh itu 97ribu.. gw baru tau kalo belmart bisa delivery kalo diatas 100rb.. mayann.. hihihi.. oiaa.. beli ayamnya yang pake tulang aja, trus suruh orangnya buang tulangnya.. itu harganya jauh lbh murah di banding lsg beli boneless.. tulangnya diminta aja, bisa buat kaldu, hehehe.. mayan kan.. 


potato grantin:
6 mid size kentang tess
1 liter susu cair
20 ml cooking cream
20 ml sour cream
1 siung bawang putih
garam + lada + pala secukupnya..
cheddar cheese


cara masak:
kupas kentang, rendem di air dingin biar ga item. trus di potongnya bulet2, tebelnya les than 1cm deh.. kira2 aja.. ga ketebelan jg ga ketipisan.. kalo udah di rebus pake susu, susunya semua (iya borooss... tapi serius ini ngaruh banget!! hahahaa.. gw sih kmrn pake greenfields full cream, tapi kayanya selama namanya susu cair, apa aja bisa.. tapi kalo gw sendiri prefer yang full cream.. biar rasanya lbh nampol! hahaha..) tambahin deh tuh garam, lada, pala.. gw juga gatau ini ukurannya brapa.. di coba2 aja sendiri.. ini di rebus selama 20-25menit.. empuk tapi ga lembek.. kalo udah, tirisin.. susunya buang.. sayang ya.. hehe..


ambil another pan, panasin si sour cream and cooking cream nya.. aduk2 sampe mereka kecampur rata.. sour cream nya pake merk bulla, cooking cream nya pake merk elle.. itu mereka sekali pake sebotol kecil gitu.. jadi ga usah kira, ga usah naker2 lagi.. cemplungin aja semuanya.. 


siapin pyrex, olesin pyrex nya sama bawang putih.. iya gw juga bingung awalnya.. tapi ternyata emang begitu.. hehe.. bawang putih nya di belah dua.. trus bagian yang basahnya itu di oles2 ke seluruh permukaan pyrex.. abis itu susun deh kentangnya di atas pyrex.. kalo udah, tuang semua si cream sauce itu sampe kerendem kentangnya..


panasin oven 180*, sambil nungguin oven panas, marut keju.. kmrn beli kejunya merk beqa, pilih yang mild, oia! jangan pake kraft, karena ga bakalan meleleh, malah garing, hahaha.. kmrn sih cuma pake setengah doang..  trus itu keju di taburin di atas kentang nya sampe ketutup semua.. kalo udah panas, masukin kentangnya, bake sampe 40-45 menit.. kalo gw sih taro di layer yang paling bawah, jadinya ga tralu gosong atasnya..


kmrn kentangnya beli merk honesty, karena udah di coba2 ini yang paling ok hasilnya.. semua bahan beli di carrefour.. tapi emang sih bikin si kentang ini modalnya besar.. jadi jangan sampe gagal ya.. hehe.. cooking cream nya 20rb, sour cream 20rb, kejunya 30rb truss.. si kentang ini seplastik isi 7 harganya 20rb.. kalo susu mah tergantung ya pake merk apa.. kmrn pake greenfields, 20rb juga saja.. untung berhasilll... 


kmrn ituuuu manggang ayam sama kentangnya barengan, biar ga ngabisin waktu.. waktu manggangnya kan juga mirip2.. beda 10mnt doang.. ayam di layer ke2, kentang di layer ke 3.. sbnrnya sihh.. ini oven buat bake kue, oven tangkringan atas kompor gitu.. cuma yaa.. berhubung emang ga bakat bikin kue, jadinya skrg dia beralih fungsi.. hahahaha..


trus kmrn makannya sok buleeeeee... pake salad juga.. ini salad mnrt gw salad org males.. hahahaa.. cuma slada di potong sama tomat ceri.. bulet2, ga gw potong2..  dressingnyaa... cuma pake olive oil sama balsamic vinegar.. biar lebih enak, ini di buat pertama, trus masukin kulkas, jadi makannya dingin2 seger gimana gitu.. tapi kasih dressing nya trakhir aja pas mau makan.. 
dressingnya bs macem2 sih.. pake honey mustard juga enak, cm kmrn lupa belii *ngookk* atau pakein thousand island.. tapi thousand island ala gw, bukan ala toko.. hahaha.. simpel, cuma mayonaise, saos tomat dan bawang bombay cincang, kalo ke aseman, tambahin gula, beres.. hihihi..


yasudahya.. sekian dan trimakasihh.. 


searah jarum jam: ayam panggang madu, saus ayam, potato grantin, fresh salad


table set by meeee :)




xoxo!

1 comment:

Wawa said...

kebetulan aku salah satu peserta yang nyobain masakannya ibu yang 1 ini,, emang patut dikasih 4 jempol gw, pluuusss 4 jempol 3 temen gw yg juga ikut nyobain. ayamnya enak bgt.. gw ga ngerti pake doa2 apa ahahahaha.. yg jelas pas dimakan kaya lumer dimulut,,bumbunya berasa bgt. potato grantinnya juga amit2 enaknya aaaaaaaaaaaahhhhh.. cooking 4 us agaaiin pleaseeee hehehe.. ini aku udah contek resepnya yaah ciiil, doakan saya berhasil kali ini, soalnya terus terang gw ga pernah berhasil bkin seenak ucil, gw ga ngerti salahnya dimana pdahal resepnya udah plek plek sama xixixxi.. thank u for sharing the receipe darl.. lav yaaa

"by read every post you'll know me better than them.." -kurcacikecil
Daisypath Anniversary tickers